The Worlds Largest Online Library.
Access the best an electronic form of Books, Journals, Encyclopedias, Magazine and more organized by category

Membongkar Gurita Cikeas

George Junus Aditjondro | Galang Press © 2010 | Pages : 183 | 3.8 Mb

“Katakan Tidak untuk Korupsi”

Pembicaraan antara Anggodo Widjojo dan Ong Juliana Gunawan yang berhasil disadap KPK sontak menggegerkan publik tanah air. Kecurigaan pun menyeruak, jangan-jangan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono terlibat dalam lingkaran makelar kasus (markus). Badai kecil yang menerjang periode 100 hari kepemimpinaan SBY dimulai skandal Bank Century yang kian bergulir panas. 

Kasus tersebut menjadi heboh karena ada tudingan yang menyebutkan bahwa kucuran dana talangan untuk Bank Century sebesar Rp 6,1 triliun mengalir ke tim sukses kampanye PD dan Pemenangan SBY-Boediono pada Pemilu serta Pilpres 2009. Skandal Bank Century tak ayal menjadi pekerjaan rumah bagi SBY. Ia harus bisa membuktikan janjinya sebagai panglima di garda depan untuk memerangi korupsi.

Tentu saja, dugaan itu bukan semata asal tuduh. Tim sukses Partai Biru terindikasi nyrempet-nyrempet bahaya, mengingat Hartati Murdaya dan Boedi Sampoerna yang notabene nasabah kakap Bank Century adalah penyokong dana kampanye Partai Demokrat. 

Jikalau ditelisik satu per satu, keluarga besar Cikeas menguasai pos-pos strategis. Semisal Hartanto Edhie Wibowo, adik bungsu Ny. Ani Yudhoyono menjabat sebagai Komisaris Utama PT. PowerTel dan Gatot Suwondo, kerabat Ny. Ani Yudhoyono yang duduk sebagai Dirut BNI. Semua fasilitas dan kedudukan yang menempel pada mereka sangatlah rentan membuka peluang praktik KKN. Sungguh ironis, di satu sisi SBY meneriakkan anti KKN, tapi di sisi lain, keluarga besarnya malah membuat jejaring yang justru berpotensi menumbuh suburkan virus KKN. 

Sanggupkah SBY memiliki mental tangan besi untuk menyeret siapa saja yang tersangkut kasus korupsi? Besar harapan kami agar SBY tegas memutus mata rantai gurita KKN tanpa pandang bulu, sekalipun pelakunya itu kolega atau kerabatnya sendiri.

HomeDownload PDF

No comments:

Post a Comment